Manfaat Minyak Peppermint Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Peppermint untuk kesehatan
================================================







Minyak peppermint didapat dari tanaman peppermint yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel yang  dikenal lama sebagai salah satu bahan herbal yang baik untuk kesehatan. Minyak ini memiliki kandungan menthol, menthone dan limonene. Peppermint merupakan persilangan dari dua tanaman asli Eropa yaitu spearmint dan watermint.




Dalam pembuatan permen karet, minyak esensial peppermint banyak digunakan sebagai bahan utama. Manfaat minyak peppermint dikenal luas ampuh mengatasi masalah penyakit kulit dan masalah pernapasan. Untuk lebih jelasnya, simak berikut adalah khasiat dan manfaat minyak peppermint untuk kesehatan tubuh.
1. Sebagai Pembersih Wajah Sehat

Manfaat minyak peppermint pertama adalah sebagai pembersih wajah yang sehat. Cocok dalam membersihkan sisa-sisa make up wajah. Campurkan sedikit air dan oleskan pada wajah dan usap hingga bersih. Selain dapat membuat wajah lebih segar, Anda juga akan terhindar dari bakteri dan kuman yang ada diwajah.
2. Sebagai Obat Sakit Kepala

Jika Anda sedang mengalami sakit kepala, Anda dapat mencoba dengan minyak peppermint yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah sakit kepala. Tidak untuk dikonsumsi, cukup dengan mengoleskan pada bagian dahi, belakang leher, samping kepala dan belakang telinga. Lakukan jika sakit kepala Anda tiba-tiba kambuh. Agar lebih maksimal, hirup dan lakukan pijatan area yang disebutkan tadi.
3. Sebagai Sumber Energi

Baunya yang harum dan menyegarkan dapat memberikan efek tenang dan memberikan energy pada tubuh. Hal ini karena aromanya membantu dalam meringankan beban tubuh, hati dan beban pikiran. Jika Anda secara terbiasa menggunakan minyak peppermint, maka akan sangat berguna untuk membuat pikiran lebih fresh dan terhindar dari lelah dan capek. Lakukan dengan cara dihirup disaat Anda sedang stress atau sedang lelah.
4. Sebagai Pasta Gigi Alami

Manfaat minyak peppermint memang dikenal luas dapat memberikan kesegaran pada gigi. Tidak heran jika minyak ini banyak digunakan sebagai bahan pasta gigi. Namun jika Anda ingin merasakan khasiat lebih dengan cara sedikit tradisional, cobalah menggunakan minyak peppermint sebagai pasta gigi alami. Caranya campurkan dengan baking soda, sedikit garam dan campur sampai berbentuk pasta.
5. Sebagai Bahan Lib Balm Alami

Dalam pembuatan menggunakan lib balm alami yang terbukti sehat untuk tubuh, Anda dapat menggunakan resep lelahkan minyak kelapa serta lilin lebah dengan api kecil, aduk sampai tercampur dan matikan api kemudian didiamkan beberapa menit lalu campurkan 8 tetes minyak tanaman peppermint. Setelah itu, aduk hingga benar-benar merata, simpan dalam wadah dan dinginkan.
6. Meningkatkan Fokus

Fokus yang baik sangat diperlukan, khususnya untuk pekerja yang membutuhkan perhatian detail, pelajar dan lainnya. Anda dapat meningkatkan focus Anda menggunakan minyak tanaman peppermint dicampurkan dengan minyak esensial jeruk. Lakukan pijatan menggunakan minyak campuran ini pada bagian tengkuk Anda. Manfaat minyak peppermint juga dapat Anda rasakan lebih maksimal jika menghirup Aromanya, hal ini untuk memberikan keringanan pada otak agar lebih focus.
7. Sebagai Pendingin Tubuh.

Dengan menggunakan kombinasi dengan minyak kelapa, Anda dapat menggunakan minyak campuran ini sebagai pendingin tubuh yang benar-benar ampuh membuat tubuh lebih segar. Caranya campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa dengan takaran yang sama dengan minyak peppermint lalu oleskan pada bagian dada, tengkuk, bagian leher, punggun atau seluruh tubuh juga dapat diterapkan.
8. Sebagai Obat Mual-Mual

Anda yang sedang mengalami mual-mula, cobalah menggunakan minyak peppermint sebagai alternative pengobatan. Caranya cukup dengan menghirup aroma dari minyak tanaman peppermint dan rasa mual-mula Anda akan hilang. Jika masih terasa mual, lakukan cara kedua yaitu mengoleskan pada ujung lidah satu atau duat tetes minyak peppermint, lakukan sampai rasa mual-mual Anda hilang.
9. Menyegarkan Nafas

Selain ampuh dalam kebersihan gigi, minyak peppermint juga membantu dalam mengatasi nafas yang bau. Cukup dengan berkumur-kumur dengan menggunakan minyak peppermint yang dicampur satu gelas air, maka Anda dapat merasakan khasiatnya dalam satu hari penuh. Kumur-kumur setiap malam sebelum tidur dan pagi adalah waktu yang paling baik.
10. Sebagai Obat Sakit Perut

Menggunakan minyak peppermint sebagai obat sakit perut adalah pilihan yang paling ampuh dalam hal ini. Oleskan pada perut Anda dan rasakan khasiatnya dalam beberapa menit. Agar lebih maksimal, Anda juga dapat mengoleskan minyak peppermint pada telapak kedua kaki Anda.

Komentar